Pemanfaatan Minyak Jelantah Untuk Sabun Cuci Piring Guna Mengurangi Limbah di Masyarakat

(Defallah Miftah Maulana, Zaqky Bisma Nugroho, Rahma Rizqi Kurnianto)

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang sudah digunakan untuk menggoreng makanan beberapa kali dan dibuang jika tidak digunakan lagi.
Sabun merupakan salah satu kebutuhan pokok di lingkungan masyarakat. Pemanfaatan limbah minyak jelantah ini tujuannya selain bisa menghasilkan sabun yang bisa digunakan guna bisa mengurangi limbah di masyarakat, yang dimana jika kita membuang limbah minyak jelantah ini di saluran air atau tanah bisa membunuh organisme yang ada di air atau tanah tersebut. Metode yang digunakan dalam pembuatan sabun cuci piring ini adalah dengan menggunakan praktek langsung. Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan pemisahan campuran/penjernihan minyak jelantah menggunakan arang.minyak jelantah direndam dengan arang selama 24 jam.
Setelah direndam, terus dilakukan penyaringan sehingga mendapatkan minyak yang baik digunakan untuk pembuatan sabun. Pembuatan sabun dilakukan dengan mencampurkan minyak jelantah hasil penyaringan dengan KOH dan diaduk sampai membentuk sabun, setelah membentuk sabun kami tambahkan ekstrak daun siri dan jeruk nipis.

Karya siswa ini ditulis guna mengikuti lomba OPSI tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Puspresnas tahun 2023. dari ide yang cemerlang menjadi karya yang cemerlang.

karya ilmiah ini dapat dilihat dan dibaca di : https://drive.google.com/file/d/1plQ9fmLTyl9D_DC-4vVUBdrLSFxyG8WI/view?usp=sharing

Views: 39
Translate »