Projek P5 Kelas 8 SMP Muh 2 Yk 13-15 November 2024 dengan Tema : Kewirausahaan “Kewirausahaan dengan Media dan Strategi Pemasaran (KEMAS)”

SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA – kembali menyelenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kelas 8 dengan tema Kewirausahaan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 8A sampai kelas 8I yang berlangsung selama tiga hari, yaitu tanggal 13-15 November 2024.

Kegiatan P5 ini bertujuan untuk memperkenalkan dan membekali siswa dengan kemampuan hidup agar menjadi mandiri dalam menghadapi perubahan yang terjadi serta diiharapakan dapat membentuk karakter siswa dalam berwirausaha untuk menghadapi tantangan global.

💠DAY 1
Kegiatan P5 pada hari pertama dibuka oleh ibu Ferra Fijantari ,S.Pd selaku waka kurikulam, Siswa mengikuti kegiatan Workshop Pemasaran dan packing produk
Workshop disampaikan oleh narasumber praktisi dalam bidang pemasaran yaitu Bapak Richo Nurdin S.Pd Gr.

Narasumber menyampaikan materi tentang pentingnya tehnik cara membuat foto dan vidio dan membuat label yang menarik untuk memasarkan produk secara online di market place atau media sosial lainnya.Pemasaran produk melalui media sosial dapat memperluas cakupan target dan memperkenalkan produk secara luas .Dalam membuat vidio dan poster diharapakan dapat menjelaskan produk dengan lebih menarik dan dapat mudah difahami oleh konsumen. Sehingga tertarik untuk membeli produk yang kita jual

Beberapa siswa diminta praktek dipandu oleh narasumber untuk membuat foto dan vidio goodie bag dan makanan.Agar dapat dipasarkan di media sosial

Kemudian dilanjutkan pengundian bahan dasar produk untuk setiap kelas yang terdiri dari
1.Singkong
2.Ketan
3.Kentang
4.Tepung terigu
5.Nasi
6.Jagung
7.Buah
8.Daging / ayam
9.Tahu / tempe

💠DAY 2
Hari kedua P5 dilaksanakan dengan di awali tadarus bersama wali kelas dan dilanjutkan dengan kegiatan menghias totebag serta mendokumentasikan totebag tersebut untuk dibuatkan media promosi berupa poster dan video promosi yang akan dishare ke sosial media masing masing kelompok.

Pukul 09.55 -13.35 siswa mendokumentasikan bahan makanan sesuai hasil undian pada kegiatan P5 hari pertama, makanann tersebut di dokumentasikan dan dibuatkan media promosi berupa poster dan video yang di share di sosmed.
Selain di share ke media sosial masing masing poster dan video tersebut juga dikumpulkan pada link gdrive yang sudah disiapkan oleh fasilitator.

💠DAY 3
Kegiatan diawali dengan tadarus bersama wali kelas dan dilanjutkan dengan senam bersama di Lapangan Kenari.

Setelah pulang dari lapangan kenari dilanjutkan dengan kegiatan Market Day di selasar barat dan timur lantai 2.

Kegiatan market day ini bertujuan menumbuhkan dan menciptakan interaksi antar kelas, juga dapat memberikan pengalaman yang tidak dapat dilupakan oleh siswa-siswi kelas 8 SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Kegiatan Market Day ini mengajarkan Jiwa Enterpreneur kepada siswa
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan penutup dari beberapa rangkaian dari kegiatan p5 lainnya.

Total ada 45 lapak, Masing-masing kelompok membuka lapak di depan kelas masing masing dan sebagian di depan kelas 7 yang berlokasi di lantai 2 , setiap kelas dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5 – 6 siswa.

Kegiatan Market Day diselenggarakan aplikasi penguatan pendidikan karakter di sekolah. Ada nilai religius, siswa dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam proses jual beli sampai dengan laporan perolehan hasil.

Wujud sikap mandiri dan gotong royong, anak-anak diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih, dan menjajakan barang dagangannya. Sekolah hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk jajanan makanan dan minuman yang sehat dan halal. Kami memberikan kebebasan kepada siswa dalam menyalurkan kreativitasnya.

Dijelaskan pula dari pemilihan menu makanan dan minuman serta konsep pemasaran dan manajemen usaha diserahkan semuanya kepada siswa.

Dalam acara ini tidak ada intervensi dari guru atau sekolah. Anak-anak sendiri yang berkreatifitas keinginannya seperti apa.

Kegiatan diakhiri dengan laporan keuangan masing masing kelompok

Views: 53
Translate »