12 Maret 2020, kasus Covid-19 telah sampai di Indonesia. Virus ini sangat cepat dalam penularannya hingga menyebabkan kematian bagi penderita. Pandemi Covid-19 ini merubah tatanan kehidupan masyarakat dunia, terutama sektor agama dan pendidikan. Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan social distancing, physical distancing, hingga lock down di sekolah, tempat ibadah, dan tempat keramaian lainnya.

Sektor pendidikan mengalami shock karena pandemi Covid-19 berpengaruh pada pembelajaran dan pembiasaan ibadah siswa. SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta melalui tim ISMUBA kemudian berupaya memotivasi dan memfasilitasi kegiatan ibadah siswa melalui pantauan ibadah online.

September 2021, SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta mengadakan launching Aplikasi Kebiasaan Positif siswa atau biasa disebut KEPO. Aplikasi Kebiasaan Positif siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah aplikasi yang berguna untuk mencatat kebiasaan positif siswa, berupa ibadah dan akhlaq al-Karimah siswa. Hadirnya aplikasi Kebiasaan Positif (KEPO) ini guna memotivasi dan memonitoring ibadah dan akhlaq al-karimah siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Upaya pemantauan kegiatan ini diikuti dengan sosialisasi dan tutorial penggunaan aplikasi KEPO melalui zoom meeting tanggal 27 Agustus 2021. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan siswa mampu mengisi setiap hari dan tepat waktu, karena aplikasi ini tidak bisa di rapel pada hari berikutnya. Poin yang wajib diisi oleh siswa, meliputi:

  1. Ibadah (setiap hari)
  2. Tadarus (setiap hari)
  3. Sikap (setiap Jum’at)

Program ini membutuhkan kerjasama dan peran aktif orangtua di rumah guna meningkatkan kualitas ibadah para siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Oleh karena itu, orangtua siswa dibuatkan akun KEPO agar dapat memantau dan mengingatkan putra-putrinya untuk selalu beribadah dan mengisi kegiatan pencatatan kebiasaan positif ibadah-akhlaq siswa melalui aplikasi ini secara realtime online. Guru dan sekolah juga mendapatkan data secara langsung dari pencatatan atau pelaporan kebiasaan positif ibadah & akhlaq siswa, dengan peran semua pihak maka pemantauan kebiasaan positif ibadah & akhlaq siswa dapat dilakukan secara efektif dan efisien menggunakan aplikasi terpusat ini. Semoga dengan adanya aplikasi Kebiasan Positif (KEPO) dapat menjadikan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta menjadi umat Islam yang bertakwa kepada Allah Swt. Aamiin…

Views: 33
Translate »